BRI Liga 1: Bojan Hodak mengungkap penyebab kekalahan Persib di Kandang Persis 

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Persis Solo di lanjutan Liga 1 BRI 2023/204. Pangeran Biru kalah 1-2 di Stadion Manahan, Selasa (8 Agustus 2023).

Ciro Alves memberi Persib keunggulan di menit 32. Namun, Persis menyamakan kedudukan semenit kemudian berkat Ramadhan Sananta. Penyerang timnas U-23 Indonesia itu kemudian membawa tuan rumah unggul satu menit menjelang turun minum. Tidak ada gol tercipta setelah jeda. Pelatih Persib, Bojan Hodak menilai timnya berpeluang besar meraih tiga poin. Sayang, keunggulan timnya tidak bertahan lama. Menurutnya, Persis Solo memanfaatkan situasi distraksi rekan setimnya usai gol tersebut.

“Kami benar-benar memiliki peluang untuk menang setelah mencetak gol kemenangan. Tapi sekali lagi, saya mengingatkan para pemain bahwa ketika Anda mencetak gol, Anda harus sabar dan fokus. Tapi pada akhirnya, Persis Solo memanfaatkan situasi itu," ujar Bojan dalam jumpa pers usai pertandingan.

Pelatih asal Kroasia itu mengaku berusaha meningkatkan daya juang anak angkatnya. Namun, masuknya personel baru masih belum cukup bagi Persib Bandung untuk menyamakan kedudukan.

"Di babak kedua kami berusaha memperbaiki penampilan kami, termasuk mengganti beberapa pemain, tapi tidak berhasil dan kami tidak bisa mencetak gol," katanya. Laga berlanjut, Persib langsung mendekat. Pangeran Biru mendapatkan peluang pertamanya dalam waktu empat menit, namun umpan silang Ezra Walian lebih dekat ke gawang Persis Solo Pancar Nur daripada David da Silva.

Di menit ke-7, Ezra mendapat ruang dan melepaskan tembakan panjang. Sayangnya, Pancar menangkap tembakannya. Dua menit kemudian, Da Silva menanduk umpan silang Ciro Alves, namun bola melebar ke tiang kanan gawang. Persib cukup mendominasi permainan. Pada menit ke-21, giliran Beckham Putra Nugraha yang memasukkan bola ke mulut gawang namun sepakannya terlalu lemah. Tak lama kemudian, Pancar melanggar Dedi Kusnandar, menyebabkan dia menerima kartu kuning.

Pada menit ke-27, Rachmat Irianto dan Roni sempat adu mulut dan keduanya harus mendapat kartu kuning. Menit ke-30, Roni melepaskan tembakan di kotak penalti Persib, namun berhasil diselamatkan Fitrul Dwi Rustapa. Menit 32, Ciro Alves di sayap kanan. Dengan teknik tinggi, ia melepaskan tembakan kaki kanan yang tak mampu diblok Pancar. Persib menang 1-0.

Namun keunggulan Persib hanya bertahan 1 menit saat Ramadhan Sananta menyamakan skor 1-1.

Menit 36, Edo Febriansah membiarkan bola menyentuh tangannya. Edo diberikan kartu kuning oleh wasit. Pada menit ke-38, Beckham Putra mengorganisir serangan cepat yang kemudian dilancarkan Sutanto Tan. Kartu kuning untuk Sutanto.

Pada menit ke-42, giliran David da Silva yang ditepis oleh Jaimeson saat mencoba menyerang. Bek Persis Solo juga mendapat kartu kuning. Pada menit ke-44, Ramadhan kembali mencetak gol. Persib tertinggal 1-2.

Persib langsung bereaksi. Da Silva menerima bola tepat di garis gawang dan melepaskan tembakan rendah tetapi Pancar menangkapnya. Berselang dua menit, babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah. Sempat unggul 1-2 di babak pertama, Persib melakukan dua pergantian pemain di awal babak kedua. Ezra Walian dan Edo Febriansah dicopot digantikan Levy Clement Madinda dan Daisuke Sato.

Pada menit ke-62, Putra Beckham menyelesaikannya dari sayap kiri. Ia kemudian menyodorkan bola kepada David Da Silva di mulut gawang. Namun prestasi penyerang asal Brasil itu belum sempurna. Peluang Persib disia-siakan.

Pada menit ke-69, Da Silva menanduk bola ke gawang Ciro Alves. Namun bola berhasil dihalau kiper Persis Pancar Nur. Setelah 75 menit, Persib mencoba melakukan serangan melewati Marc Klok tetapi diselamatkan oleh Bhagascara, menghasilkan kartu kuning.

Menit 82, I Putu Gede dilanggar Moussa Sidibe. Sementara Persib melakukan dua pergantian pemain, Febri Hariyadi dan Ryan Kurnia menggantikan Dedi Kusnandar dan Beckham Putra Nugraha.

Pada menit ke-83, Ciro Alves kembali menebar ancaman. Tendangan panjangnya tepat sasaran namun melambung di atas mistar. Pada menit ke-90, I Putu Gede mengangkat kakinya terlalu tinggi dan mendapat kartu kuning atau kartu merah kedua. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak