Pembersihan wajah yang direkomendasikan oleh dokter kulit

Dokter kulit Adhimukti T. Sampurna menjelaskan betapa pentingnya pemilihan sabun wajah dan penggunaan pembersih wajah yang tepat untuk mendapatkan hasil pembersihan wajah yang maksimal.

“Pada dasarnya sabun wajah itu harus dilembabkan karena membuat kulit wajah lebih stabil,” ujar Ketua Departemen Sosial Perhimpunan Penyakit Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini.

Ketika sabun mengeringkan kulit, itu menghasilkan lebih banyak minyak dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Beberapa sabun wajah yang mengandung belerang dan alkohol sebaiknya dihindari. Sabun alami seperti susu, madu, dan buah-buahan dapat digunakan terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering karena dapat membantu melembapkan kulit.

Selain itu, Adhi berpesan untuk menggunakan sabun wajah yang non-exfoliating atau sabun dengan scrub wajah. Exfoliating Soap merupakan salah satu jenis physical exfoliator yang berfungsi untuk mengeksfoliasi semua sel kulit, termasuk sel kulit muda, serta mengeringkan wajah sehingga menimbulkan minyak berlebih pada wajah.

Adhi merekomendasikan penggunaan sabun wajah berbusa dan cair agar lebih nyaman diaplikasikan pada kulit. Selain itu, pilihlah sabun dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak membuat kulit terlalu kering. “Kalau bisa pilih sabun yang bebas pengawet dan bebas paraben,” sarannya.

Gunakan air misel

Ia juga menjelaskan cara membersihkan wajah dengan benar, terutama saat Anda beraktivitas. Sebelum mencuci muka dengan sabun, bersihkan terlebih dahulu wajah dengan micellar water atau cairan pembersih khusus wajah yang diperlukan untuk menghilangkan make up dan debu yang menempel. Gunakan kapas khusus wajah dan tuangkan cairan pembersih wajah secukupnya ke dalamnya.

"Micellar water memiliki molekul yang terlihat seperti pinset. Jadi kalau pakai micellar water harus diperas dulu,” kata Adhi.

Berbeda dengan cairan pembersih wajah yang berbentuk minyak atau susu, saat menggunakan micellar water sebagai pembersih wajah, Anda perlu memencetnya dan diamkan selama 4 detik. Setelah memberikan tekanan lembut, geser kapas ke area wajah lainnya lalu hitung dengan jumlah waktu yang sama hingga seluruh wajah bersih.

Jika Anda membersihkan wajah dengan air misel tanpa memencetnya, wajah Anda akan memerah. Selain itu, membersihkan wajah tidak maksimal dan dapat menyebabkan masalah kesehatan kulit. “Selanjutnya, segera cuci muka dengan sabun wajah. Jangan mencuci muka dengan menekan terlalu keras untuk menghindari iritasi," jelasnya. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak