Kualifikasi Ganjar Pranowo di bawah Prabowo Subianto, PPP: Mesin partai tidak optimal 

Usman M. Tokan, juru bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menilai kualifikasi calon presiden (Capres) mereka dengan Partai Demokrat Indonesia Ganjar Pranowo mampu mengungguli calon presiden lainnya. Hal itu disampaikan Usman menanggapi hasil survei terbaru dari Badan Indikator Politik Indonesia.

"Insya Allah Mas Ganjar akan memimpin saat kita maju bersama," kata Usman dalam keterangan tertulis, Selasa, 25 Juli 2023.

Meninjau hasil jajak pendapat, Usman mengatakan kualifikasi Ganjar untuk kualifikasi tidak jauh dari pemimpin Partai Gerindra yang berkuasa saat ini, Prabowo Subianto. Dalam simulasi tiga nama yang dilakukan Indikator, Prabowo berhasil lolos dengan perolehan 36,8 persen, sementara Ganjar menempati posisi kedua dengan kualifikasi 35,7 persen dan Anies Basweda di urutan ketiga dengan perolehan 21,5 persen.

Menurut Usman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisis hasil penelitian. Di antaranya adalah mereka yang menanggapi survei arah partai yang masih terpecah dalam penyelenggaraan pemilihan anggota parlemen (pileg).

“Pertama-tama, mari kita lihat siapa yang dituduh dari kelompok sasaran. Kedua, Mas Ganjar masih Gubernur Jawa Tengah." Ketiga, mesin partai tidak berfungsi maksimal karena terfokus pada penyelenggaraan pemilu parlemen,” ujarnya.

Sementara Usman mengaku harus ada penilaian terhadap pendukung Ganjari, ia menambahkan PPP dan PDIP tidak khawatir dengan hasil pemilu. Ia menilai, kedewasaan kedua belah pihak bisa menjadi modal untuk merebut jabatan Gubernur Jawa Tengah.

"PDI Perjuangan dan PPP adalah partai tertua dan cukup matang untuk pemilihan presiden. Jadi kami tidak khawatir," kata Usman. Usman mengatakan, pihak pendukung menjalankan berbagai program untuk mempertahankan kelayakan Ganjari, seperti pelatihan aktivis milenial baik di pusat maupun di daerah.

"Kami melakukan semua yang kami bisa dan akan terus menghargai mereka dan berdoa agar Allah membuat setiap langkah lebih mudah," kata Usman.

Lembaga Penelitian Indikator Politik Indonesia menerbitkan hasil surveinya pada Minggu, 23 Juli 2023 lalu. Hasil pemilu menunjukkan kualifikasi Prabowo Subianto mampu mengungguli Ganjar Pranowo. Prabowo dikabarkan mendapat dukungan kuat dari Milenial dan Generasi Z, yang akan menjadi 52 persen dari seluruh pemilih di pemilu 2024. Sementara itu, Ganjar menonjol di antara Gen X dan Baby Boomers. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak