Teka-teki pelatih baru Persib yang akan menggantikan Luis Milla, Benjamin Mora menyampaikan kode keras berinisial Do

bagaimana kehilangan "ibu" saat kalah 4-2 melawan PSM Makassar pada pertandingan pekan keempat Liga 1 BRI 2023/2024 di Stadion BJ Habibie di Pare Pare. Persib bermain tanpa formula dan instruksi sehingga kalah 3-0 dari PSM Makassar di babak pertama.

Meski diasuh pelatih sementara Yaya Sunarya, Persib kehilangan sosok Luis Milla yang menjadi pelatih selama semusim. Milla juga memboyong tiga asisten pelatihnya dari Maung Bandung.

Persib belum menemukan pelatih baru. Manajemen Persib PT Persib Bandung Bermartabat mengaku sudah kejar nama pelatih baru.

Persib Bandung awalnya dikaitkan dengan mantan manajer Argentina Borneo FC Mario Gomez. Pelatih yang pernah melatih Persib selama satu musim itu pun membagikan kode tersebut melalui Instagram miliknya.

Namun, Komisariat PT PBB Umuh Muchtar menegaskan ada empat calon pelatih Persib. Ia mengajak semua pelamar menjadi pelatih asing yang belum pernah melatih di Indonesia. Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Teddy Tjahjono mengatakan, Persib sudah memiliki beberapa calon untuk posisi pelatih kepala.

“Bahkan, kami sudah menghubungi beberapa dari mereka untuk bernegosiasi. Namun, kami belum memutuskan apa pun. Nanti kalau ada kepastian pasti kita umumkan rawa samba," kata Teddy kepada laman Persib.

Mantan pelatih JDT untuk Kim Do Hoon

Empat nama dikaitkan dengan Persibi. Keempat nama tersebut adalah Benjamin Mora, Harry Sinkgraven, Park Hang Seo dan Marcel Keiser.

Benjamin Mora sekarang menjadi direktur teknik di Atlas FC Meksiko. Dia sebelumnya mengelola Johor Darul Takzim cukup lama dari 2017 hingga 2022.

Selama periode tersebut, ia empat kali menjuarai Malaysia Super League yakni 2016-2017, 2018-2019, 2019-2020, dan 2020-2021. Bahkan Mora dikaitkan sebelum Luis Milla ditandatangani. Menariknya, nama mantan asisten pelatih Korea Selatan U-20 Kim Do Hoon juga muncul. Dia pernah menjadi asisten Shin Tae Yong dan sekarang menjadi pelatih klub Singapura Lion City Sailors.

Do Persib asli dari Bandung

Nama keluarga Kim Do Hoon dianggap sebagai pelatih paling efektif yang dibawa Persib. Nama Kim Do-hoon muncul sejak Luis Milla Persib meninggalkan Bandung pada Sabtu 15 Juli 2023.

Isu tersebut mengemuka menjelang pertandingan PSM Makassar vs Persib Bandung pada Sabtu 22 Juli 2023. Sehari sebelum pertandingan, akun Instagram Persib Bandung @persib memiliki tiga pemain Maung Bandung berakhiran kata "Do", yakni Zalnando, Edo (Febriansah) dan Dedi "Dado" Kusnandar.

Lucunya, netizen juga mengaitkan pesan ini dengan sinyal perekrutan Kim Do Hoon. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan ini berinisial Do.

Levy Madinda memperkuat sinyal kehadiran Benjamin Mora

Sinyal pelatih lainnya datang dari Levy Madinda yang dipinjamkan dari Johor Darul Takzim. Gelandang serang asal Gabon ini dipinjamkan hingga Desember.

Meski demikian, Persib bergabung dengan Benyamin. Hingga saat ini, Persib masih menggelar rapat terkait kemungkinan tersebut.

Levy Madinda sendiri sudah tidak sabar untuk bergabung dengan Persibi. Hingga kini, ia terus memimpin transfer Johor Darul Takzim.

Madinda mengaku senang dan tidak sabar untuk bergabung dengan tim. Saat ini masih mengurus administrasi sebelum terbang ke Bandung.

"Saya sangat senang. Saya ingin segera ke sana (Bandung) dan mulai bekerja." Bergabung dengan PERSIB adalah kesempatan yang sangat bagus dan saya siap memberikan 100 persen untuk tim,” kata Madinda, Senin 24 Juli 2023.

Persib hati-hati memilih pelatih baru

Wakil Presiden PT PBB Teddy Tjahjono mengatakan, Persib telah memilih pelatih dengan cermat. Persib ingin merekrut pelatih yang bisa membuat perbedaan.

Kemampuan untuk meningkatkan efisiensi tim ke level yang diinginkan dibutuhkan oleh pelatih baru. Dalam empat laga liga, Persib hanya mengoleksi empat poin. Teddy berharap PERSIB kembali memiliki pelatih kepala dalam waktu dekat. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak