Terkait pemilihan wakil presiden tahun 2024, Ridwan Kamil mengatakan: Saya tidak bisa menolak

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjawab pertanyaan tentang namanya yang baru-baru ini dikukuhkan dalam jajak pendapat sebagai calon wakil presiden (Cawapres) terpilih untuk pemilu 2024.

Salah satu jajak pendapat yang menempatkan wakil presiden dari bagian partisipasi Partai Golkar di posisi tiga besar adalah Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia.

“Saya selalu mengatakan bahwa sebagai pribadi saya tidak bisa menolak untuk diperiksa,” kata Ridwan Kamil saat menghadiri pertemuan Asosiasi Daerah Penghasil Minyak dan Gas Bumi dan Energi Terbarukan (ADPMET) yang hadir di Yogyakarta.

Ridwan mengatakan, yang bisa dilihat dari penelitian ini adalah hasil yang baik berarti ada korelasi antara kinerjanya dengan pendapat responden.

“Tapi kalau ditanya apakah hasil kajian itu kemudian menjadi rejeki politik, jawabannya belum pasti,” kata Ridwan. Ridwan menegaskan, apapun hasil survei tersebut, karena statusnya saat ini sebagai anggota Partai Golkar, dirinya hanya bergantung pada keputusan partai terkait Pemilu 2024.

"Sejak saya bergabung dengan Partai Golkar, apapun langkah yang saya ambil sekarang, lemak saya hanya akan mengikuti keputusan partai yang mencalonkan Ketua Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto (sebagai calon presiden)," kata Ridwan.

"Konsistensi saya (sikap pada pemilu 2024) seperti ini hari ini, kalaupun takdir berkata lain, tetap seperti ini untuk saat ini, setelah keputusan partai," tambah Ridwan.

Sinyal penelitian dari PDIP

Dalam Survei Indikator Politik di Indonesia terbaru 26-30 Mei 2023, Ridwan Kamil dan Erick Thohir memperoleh 14,8% suara responden simulasi 22 capres. Di bawahnya adalah Sandiaga Uno 12%, Mahfud MD 11,8%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 7,2%, dan Gibran Rakabuming 5,8%. Selebihnya, kurang dari 5,8% adalah Airlangga Hartarto, Khofifah Indar Parawansa, Andika Perkasa, Susi Pujiastuti, Puan Maharani, Gatot Nurmantyo dan Sri Mulyani Drawati.

Selain jajak pendapat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menilai nama Ridwan Kamil sebagai calon Ganjar Pranowo. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengisyaratkan Ridwani dalam bentuk pantun.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Jawa Barat Progresif Penuh Daya Seni." Beberapa bulan lagi akan ada pemilu. "Pak Ganjar de Bacawapre benar-benar hadir," ujar Hasto yang hadir dalam acara pembukaan pembangunan Monumen Plaza Iri bersama Ridwan Kamil, Rabu 28 Juni 2023 lalu. GOR Soekarno di Saparua, Bandung, Jawa Barat. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak