Mengapa ada orang yang membutuhkan makanan bebas gluten? Ini adalah penjelasan untuk masalah gluten

Gluten adalah istilah yang sering kita dengar dalam hal nutrisi dan kesehatan. Tapi apa sebenarnya gluten itu dan apakah ada manfaatnya? Gluten adalah sekelompok protein yang secara alami ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, barley, dan gandum durum. Protein ini memberi tekstur kenyal pada banyak makanan yang dipanggang, pasta, kue, dan makanan lainnya.

Penting untuk dipahami bahwa gluten memiliki efek khusus pada orang yang sensitif terhadapnya. Salah satu penyakit terkait gluten yang paling terkenal adalah penyakit celiac. Ini adalah penyakit autoimun yang terjadi saat seseorang menelan gluten, yang kemudian merusak lapisan usus kecil dan mencegah penyerapan nutrisi.

Gejala penyakit celiac termasuk diare kronis, penurunan berat badan, kelelahan, dan gangguan pencernaan lainnya. Orang dengan kondisi ini harus menghindari gluten sepenuhnya untuk menjaga kesehatannya.

Selain penyakit celiac, ada juga orang yang tidak mengidap penyakit celiac dan sensitif terhadap gluten. Artinya setelah makan gluten, mereka mengalami gejala tidak nyaman seperti kembung, sakit perut, kelelahan dan gangguan pencernaan. Bagi mereka, mengurangi atau menghilangkan gluten dari diet mereka dapat membantu meringankan gejala dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Namun, bagi kebanyakan orang yang tidak memiliki masalah kesehatan terkait gluten, manfaat gluten dapat diabaikan. Gluten kurang nutrisi penting dan tidak memberikan manfaat kesehatan tambahan kecuali ada intoleransi atau alergi terhadapnya. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk menghindari gluten kecuali Anda memiliki kepekaan atau kondisi medis yang memerlukan diet bebas gluten.

Penting juga untuk diingat bahwa tiba-tiba melepaskan gluten tanpa alasan medis dapat menimbulkan konsekuensi negatif. Gluten banyak ditemukan pada makanan yang juga mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin B, asam folat, zat besi dan kalsium. Oleh karena itu, jika seseorang ingin menghindari gluten, mereka harus memastikan bahwa mereka tetap mengonsumsi nutrisi yang cukup dari makanan lain. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak