Kevin Sanjaya, kiri Marcus Gideon, dipasangkan dengan Rahmat Hidayat, berikut adalah profil mereka

Pelatih Timnas Ganda Putra PBSI Herry Iman Pierngadi secara resmi mengumumkan tim ganda putra terbaru: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat. Kedua pasangan tersebut resmi diumumkan setelah pasangan Kevin, Marcus Gideon, menjalani operasi pada tumit kanannya.

Diketahui keduanya bukanlah wajah baru di dunia bulu tangkis, meski baru pertama kali berduet.

Kevin Sanjaya Sukamuljo lahir di Banyuwangi pada 2 Agustus 1995, menurut situs resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Kevin Sanjaya adalah pemain pelatna muda yang dianggap sebagai pemain paling menjanjikan dengan tembakan sempurna dan menawan. Bahkan banyak penggiat bulutangkis yang mengatakan bahwa pukulan dan pertahanan Kevin Sanjaya adalah sebuah keajaiban karena hampir tidak ada pemain bulu tangkis lain yang seperti dirinya.

Perkenalan favorit Kevin Sanjaya dengan dunia bulu tangkis adalah adanya lapangan bulu tangkis di belakang rumahnya dimana dia ingin menonton dan bermain bersama para pemain di lapangan tersebut.

Sebelum bekerja dengan Marcus pada tahun 2015, Kevin pernah bekerja dengan atlet bulutangkis lainnya seperti Lukhi Apri Nugroho, Rafiddias Akhdan Nugroho, Alfian Eko Prasetya, Arya Maulana Aldiartama, Selvanus Geh dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira. Namun, ia melihat masa keemasannya bekerja sama dengan Marcus hingga memuncak sebagai pasangan ganda putra nomor satu dunia selama 259 pekan sejak 2017. Namun, mereka akhirnya bubar pada September 2022. Gelar bergengsi yang diraih Kevin antara lain China Open 2018, Denmark Open 2018, French Open 2019, Japan Open 2019, Asian Games 2018, Thomas Cup 2020, Indonesia Masters 2020, 3 Indonesia Open (2018, 2019, 2020). 2 All England (2017, 2018).

Menurut Time, Rahmat Hidayat sudah tidak asing lagi di mata dan telinga para pecinta bulu tangkis Indonesia. Atlet kelahiran Batam ini merupakan pemain potensial di ganda putra dan telah meraih berbagai prestasi.

Rahmat Hidayat sebelumnya bekerja sama dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah dan memenangkan dua gelar di turnamen internasional. Mereka tercatat sebagai juara di turnamen Lithuania International 2022 dan Bahrain International 2022 tahun lalu. Selain berpasangan dengan Rayhan, pebulu tangkis berusia 20 tahun itu juga memerankan Pramudya Kusumawardana. Saat itu ia ditunjuk sementara sebagai penerus Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang sedang berkutat dengan cedera lutut.

Duet Rahmat/Pramudya dinilai sukses. Mereka menjuarai Indonesia International Challenge 2022 dan BWF Super 100 Indonesia Masters 2022. Saat ini, Rahmat Hidayat berada di peringkat 59 dunia bersama Muhammad Rayhan Nur Fadillah di nomor ganda putra. Rahmat adalah tipikal pemain yang mampu menutup area di belakang lapangan. Dengan keunggulan tersebut, jebolan PB Djarum tersebut kemungkinan besar bisa bersaing dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo yang sangat berpengalaman dan piawai di depan net.

Setelah memilih Kevin sebagai pasangannya, Rahmat pun mengaku bangga karena bisa berduet dengan idolanya itu. “Pengalaman yang sangat berharga dan membanggakan karena saya bekerja sama dengan idola saya yang sudah lama menjadi nomor satu dunia,” kata Rahmat.

Sebelum resmi diumumkan, Rahmat mengaku sudah mengetahui dari kabar bahwa Kevin Sanjaya akan menjadi tandem baru beberapa senior di Pelatnas. "Saya mendengar tentang senior, tapi saya baru mendapat konfirmasi hari ini," kata pemain bulu tangkis berusia 20 tahun itu dalam keterangan tertulis PB Djarum.

Tugas baru itu akan menambah motivasi Rahmat untuk lebih giat berlatih, sehingga bisa segera menyamai level Kevin Sanjaya. “Jelas saya termotivasi untuk bekerja keras untuk tetap dalam permainan Koh Kevin. Semoga hasilnya bagus dan maksimal,” ujarnya. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak