Jumlah pengguna saat Idul Adha meningkat, Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 25 KA jarak jauh 

Jumlah pengguna kereta api di Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta meledak saat libur Idul Adha 1444 H. Kepadatan penumpang di kawasan tersebut sebagian besar terjadi karena bertepatan dengan liburan sekolah.

Franoto Wibowo, PR Manager Daop 6 Yogyakarta, kepada wartawan di Kota Solo, Rabu, 28 Juni 2023. Jumlah pengguna kereta api meningkat pada Selasa, 27 Juni 2023 atau H-2 Idul Adha. total 23.869 pelanggan yang berangkat dari Daop Station 6 Yogyakarta.

“Menurut informasi pemberangkatan terbanyak dari Stasiun Yogyakarta yang memiliki 10.891 pelanggan. Berikutnya Stasiun Lempuyangan dengan 5.811 pelanggan dan Stasiun Solopalapan dengan 3.845 pelanggan,” ujarnya.

Franoto mengatakan, jumlah kedatangan pada H-2 Idul Adha di Stasiun Daop 6 Yogyakarta juga cukup tinggi, sebanyak 21.777 pelanggan. Lebih banyak dibanding hari yang sama pekan lalu yang tercatat 13.267 pelanggan.

Stasiun KA Yogyakarta paling banyak kedatangan penumpang dengan total 9.246 pelanggan. Berikutnya adalah Stasiun Lempuyangan dengan 3.995 pelanggan dan Stasiun Lempuyangan dengan 3.854 pelanggan. “Liburan kali ini memang spesial karena bertepatan dengan libur sekolah, sehingga akan terjadi kemacetan di beberapa stasiun kereta api besar. Daop 6 memprediksikan hal ini dan menyiapkan dinas resmi untuk mengatasi kemacetan,” ujarnya.

Franoto terus mengimbau pelanggan untuk memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain, serta memperhatikan barang bawaan dan bayi yang diundang. Selain itu, untuk menghindari penumpukan antrian di layanan boarding stasiun Yogyakarta dan Solopalapan, pelanggan disarankan menggunakan fitur pengenalan wajah untuk mempersingkat waktu boarding.

"Pqda periode 26 Juni s/d 2 Juli 2023 yang termasuk libur panjang Idul Adha 2023, jumlah penumpang justru bertambah." Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 25 KA jarak jauh yang berangkat lebih awal dari seluruh stasiun Daop 6 Yogyakarta,” ujarnya.

Selain itu, Stasiun Daop 6 Yogyakarta memiliki 22 KA jarak jauh yang beroperasi dan berhenti untuk memungkinkan penumpang naik dan turun. Selain itu, pada H-1 Idul Adha pukul 06.00 WIB pada Rabu 28 Juni 2023, menurut data, sebanyak 17.288 pelanggan tiba di Stasiun Daop 6 Yogyakarta dan sebanyak 17.215 pelanggan keluar dari Stasiun Daop 6. . .

Tiket masih tersedia pada tanggal-tanggal tertentu yang berangkat dari Stasiun Daop 6 Yogyakarta menuju destinasi populer seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang. Daop 6 berharap tiket yang masih tersedia dapat digunakan oleh masyarakat. “Pelanggan dapat dengan mudah mengecek ketersediaan tiket melalui aplikasi KAI Access, website kai.id atau kanal penjualan resmi lainnya. Jika tiket yang diinginkan tidak tersedia, pelanggan dapat menggunakan KA lanjutan dari aplikasi KAI Access atau KA Sambungan,” dia berkata. 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak