Soal IKN, NasDem yakin Anies akan menghormati hukum 


Presiden DPP NasDem Sugeng Suparwoto mengungkapkan, isu pembangunan berkelanjutan Ibu Kota Negara (IKN) menjadi salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan antara Presiden NasDem Surya Paloh dengan Menko Kemaritiman dan Investasi. (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sugeng juga menyampaikan komitmen Anies Baswedan saat menjadi presiden soal nasib pemindahan ibu kota ke Kaltim. Jika terpilih sebagai presiden, Anies akan mengikuti perkembangan Perumnas hingga menjadi undang-undang.

"Tapi kalau ditanya 'Pak Anies ke mana, lanjut nggak?' Apa yang telah menjadi undang-undang harus menghormati pengelolaan dan penyelenggaraan negara. Hukum harus ditegakkan oleh siapa saja," kata Sugeng kepada wartawan, dikutip Sabtu (6/5).

Sugeng mengatakan, bukan berarti Anies yang dianggap menentang tidak akan melanjutkan pembangunan IKN.

"IKN sudah jadi undang-undang, bukan negasi politik ya seperti Pak Anies antitesisnya," ujarnya.

“Tapi apa yang Pak Anies sebutkan itu sebenarnya sintesa kalau kita lihat dari pemimpin-pemimpin sebelumnya,” ujarnya. Perubahan dan Kontinuitas

Semangat perubahan yang dibawa Anies bukan berarti perubahan total. Tapi itu juga membawa kelanjutan dari perkembangan presiden sebelumnya.

“Berubah dan juga, berubah dan berkesinambungan. Di manakah ada berkesinambungan kalau tidak ada perubahan? Itu benar, karena perubahan itu sendiri adalah sunatullah dalam istilah agama,” pungkas Sugeng.  

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak