Pelajari persyaratan pendaftaran haji untuk memudahkan perjalanan ibadah

Menyelesaikan ibadah haji dan menginjakkan kaki di tanah suci merupakan salah satu kewajiban pemenuhan hakiki bagi umat Islam. Seperti yang kita tahu, ibadah haji hanya dilakukan setahun sekali. Oleh karena itu, jika ingin berwisata ke Tanah Suci, Anda harus mempersiapkan dan memenuhi persyaratan pendaftaran haji.

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat melengkapi persyaratan pendaftaran haji. Anda juga harus ingat bahwa waktu Anda akan berada di tanah suci cukup lama. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, baik persyaratan pendaftaran haji maupun kelengkapan lainnya secara cermat dan menyeluruh. 

Syarat daftar haji

Bagi Anda yang sedang merencanakan umroh, berikut syarat penting yang harus diikuti.

  • Beragama Islam
  • Berusia minimal 12 tahun saat mendaftar
  • Memiliki KTP dengan informasi domisili yang sesuai dan masih berlaku atau bukti identitas lain yang sah
  • Memiliki Kartu Keluarga,
  • Memiliki akte kelahiran yang bisa disubtitusi dengan surat kenal lahir, kutipan akta nikah, atau ijazah,
  • Memiliki tabungan atas nama jemaah yang terdaftar pada BPS BPIH.
  • Melampirkan pas foto 3X4 cm khusus dengan ketentuan haji terbaru. Ketentuan baru pas foto meliputi dengan latar belakang warna putih, warna baju/kerudung kontras dengan latar belakang, tidak mengenakan pakaian dinas, dan bagi jemaah haji perempuan wajib menggunakan busana muslimah, tidak menggunakan kacamata, serta wajah tampak minimal 80 persen dari ukuran pas foto.

Prosedur daftar haji

Jika Anda berencana mendaftar haji bersama keluarga pada tahun ini, berikut persyaratan teknis pendaftaran haji yang harus Anda penuhi agar bisa sampai ke Tanah Suci.

1. Memiliki tabungan haji

Memiliki Rekening Tabungan Haji merupakan salah satu syarat pendaftaran haji yang sangat penting. Selain itu, untuk bisa mengikuti daftar haji ini, Anda hanya bisa membuka rekening tabungan haji yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Untuk pembukaan rekening secara umum, Anda harus melampirkan dokumen atau data diri saat membuka rekening haji.

Untuk memenuhi syarat dalam daftar haji ini, Anda perlu menyiapkan Rp 25 juta sebagai setoran awal pembukaan rekening tabungan haji. Nominal ini diperlukan untuk Anda menyelesaikan transaksi awal untuk mendapatkan nomor antrian haji.

2. Melengkapi surat pernyataan

Setelah membuka rekening, Anda akan diminta untuk melengkapi dan menandatangani pernyataan pendaftaran haji. Surat ini merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai syarat pendaftaran wajib haji.

3. Daftar secara online

Setelah melengkapi syarat pendaftaran haji dengan menabung haji, Anda bisa mendaftarkan diri dan keluarga secara online. Pendaftaran Haji Online merupakan mekanisme pendaftaran haji baru yang akan diresmikan pada tahun 2021 dan dapat diakses melalui Sistem Informasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama.

4. Melakukan setoran ke Kementerian Agama

Setelah pendaftaran selesai, Anda bisa langsung menyetor Rp 25 juta ke rekening tabungan haji Anda di Kementerian Agama RI. Setoran ini merupakan syarat pendaftaran haji yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan nomor antrian awal haji. Bank penerima Biaya Haji atau BPIH kemudian akan memberikan nomor rekening yang telah Anda setorkan. Setelah sukses. Simpan bukti setoran sebagai bukti keberangkatan haji berikutnya.

5. Mendatangi kantor perwakilan Kementerian Agama

Kemudian Anda harus pergi ke kantor perwakilan Kementerian Agama Republik Indonesia tergantung di mana Anda tinggal. Kantor Kementerian Agama selanjutnya akan melakukan konfirmasi data Anda dan data anggota keluarga lainnya yang hendak berangkat haji. Pastikan untuk membawa dokumen persyaratan pendaftaran haji sebagai berikut.

  • Fotokopi rekening tabungan haji sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi KTP sebanyak 5 lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi akta atau buku nikah/akta lahir/ijazah sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi surat kesehatan ukuran mencantumkan tinggi badan, berat badan dan golongan darah, sebanyak 2 lembar
  • Foto ukuran 3x4 sebanyak 17 lembar, ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar. Foto harus 80 persen wajah dengan latar belakang putih.
  • Map untuk menyimpan berkas-berkas, sebanyak 2 buah
  • Lembar validasi dari bank asli sebanyak 4 lembar
  • Surat pernyataan bank (materai) asli 1 lembar
  • Surat kuasa dari bank (materai) asli 1 lembar
  • Slip setoran awal bank Rp 25 juta asli 1 lembar

Langkah-langkah pendaftaran ibadah haji di Kementrian Agama

Selain mempersiapkan persyaratan pendaftaran haji, Anda juga harus memperhatikan langkah-langkah berikut saat melakukan konfirmasi pemberangkatan haji di kantor Kementerian Agama:

  • Setibanya di kantor Kementerian Agama, segera mengisi buku tamu dan formulir pendaftaran haji berupa Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH)
  • Isi formulir secara lengkap dan sesuai. Setelah diisi dengan teliti, serahkan formulir beserta berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai syarat daftar haji ke petugas Kementerian Agama
  • Jika terdapat syarat daftar haji yang kurang lengkap atau ada kesalahan, Anda akan diminta untuk melakukan fotokopi ulang dari dokumen-dokumen yang Anda berikan. Tidak perlu khawatir, di sekitar kantor Kementerian Agama biasanya terdapat jasa foto kopi untuk memudahkan proses daftar haji Anda
  • Saat berkas dan dokumen sudah lengkap, Anda akan diminta untuk mengambil foto diri serta merekam sidik jari yang nantinya akan dimasukkan sebagai pelengkap bagi SPPH
  • Setelah proses foto dan rekam sidik jari selesai, Anda akan diimbau untuk melakukan pemeriksaan kembali terkait dokumen SPPH untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan yang akan merugikan Anda nantinya
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memvalidasi dokumen SPPH dengan cara membubuhkan tanda tangan Anda di atas surat tersebut. Setelah itu, Anda akan menerima lembar bukti sekaligus nomor porsi pendaftaran. Pastikan lembar bukti yang Anda terima juga telah ditanda tangani serta distempel oleh petugas kantor Kementerian Agama
  • Anda juga akan menerima salinan tanda bukti setoran awal yang telah Anda transfer ke rekening Kementerian Agama Republik Indonesia salah satu sebagai syarat daftar haji
  • Setelah itu, petugas kantor Kementerian Agama akan menyampaikan estimasi keberangkatan Anda untuk bisa melaksanakan ibadah haji. Sebagai calon jemaah haji, Anda pun bisa melakukan pengecekan nomor antrean secara berkala melalui situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia

Maksimalkan persiapan diri

Setelah Anda secara teknis telah menyelesaikan semua persyaratan pendaftaran haji, Anda masih harus melengkapi persyaratan pendaftaran haji lainnya. Namun, permintaan ini bersifat pribadi, sangat membantu Anda untuk berziarah dengan nyaman dan aman.

1. Tubuh yang sehat dan prima

Setelah menyelesaikan persyaratan pendaftaran haji dan sambil menunggu antrean keberangkatan haji, sebaiknya rutin berolahraga. Jam kerja yang panjang serta perbedaan iklim di tanah suci bisa membuat ibadah Anda tidak berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap sehat dan siap agar tubuh Anda nantinya dapat beradaptasi dengan perubahan di tanah suci.

2. Kondisi finansial yang stabil

Dengan jangka waktu hingga 30 hari, tentunya Anda harus memiliki kondisi keuangan yang baik dan kokoh. Sembari menunggu keberangkatan, alangkah baiknya tingkatkan kekokohan dan stabilitas keuangan Anda. Anda bisa menabung atau berinvestasi agar bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga saat beribadah di tanah suci nanti.

Bagi Anda yang sedang merencanakan ibadah haji, Anda bisa membuka tabungan iB Goal Savers di CIMB Niaga. CIMB Niaga merupakan salah satu lembaga perbankan yang mampu membantu calon jemaah haji mempersiapkan permohonannya untuk beribadah di tanah suci dengan membuka rekening tabungan haji. Dengan iB Goal Savers, nasabah dapat menabung terlebih dahulu sekaligus menentukan waktu yang tepat untuk berangkat haji. CIMB Niaga juga memiliki tabungan iB Pahala bagi Anda yang telah menyiapkan dana sebelum menunaikan ibadah haji untuk memenuhi persyaratan.

Selain syarat utama untuk mengajukan haji, dengan membuka rekening tabungan di CIMB Niaga Anda juga akan merasakan kemudahan bertransaksi di tanah suci. Nikmati tarik tunai gratis di berbagai jaringan ATM Mastercard/Cirrus di seluruh Arab Saudi. Tabungan iB Goal Savers juga terkoneksi dengan layanan perbankan digital OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Temukan informasi lengkap mengenai iB Goal Savers di sini!

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak