Setelah penyelidikan internal, Pemain Manchester United Mason Greenwood telah memutuskan untuk meninggalkan klub

Mason Greenwood

Pemain Manchester United Mason Greenwood akan meninggalkan klub dengan kesepakatan bersama setelah penyelidikan internal selama enam bulan atas perilaku dia.

Greenwood ditangkap pada Januari 2022 setelah tuduhan tentang materi yang dipublikasikan secara online.

Tuduhan terhadap pemain Inggris berusia 21 tahun, termasuk percobaan pemerkosaan dan serangan, ditolak pada 2 Februari 2023.

“Semua orang yang terlibat, termasuk Mason, mengakui kesulitan dengan dia memulai kembali karirnya di Manchester United.

“Karena itu telah disepakati bersama bahwa akan paling tepat baginya untuk melakukannya jauh dari Old Trafford, dan kami sekarang akan bekerja dengan Mason untuk mencapai hasil itu.

"Berdasarkan bukti yang tersedia bagi kami, kami telah menyimpulkan bahwa materi yang diposting online tidak memberikan gambaran lengkap dan bahwa Mason tidak melakukan kejahatan yang awalnya dia dituduh. Dengan kata lain, seperti yang diakui Mason secara publik hari ini, dia telah melakukan kesalahan yang dia bertanggung jawab untuk. "

Dalam sebuah pernyataan, Greenwood mengakui bahwa ia telah "melakukan kesalahan" dan mengambil "bagian tanggung jawabnya", tetapi menambahkan: "Saya tidak melakukan hal-hal yang saya tuduh."

“Keputusan hari ini adalah bagian dari proses kolaborasi antara Manchester United, keluarga saya dan saya. Keputusan terbaik bagi kami semua adalah untuk melanjutkan karier sepak bola saya jauh dari Old Trafford, di mana kehadiran saya tidak akan mengganggu klub. Saya berterima kasih kepada klub atas dukungan mereka sejak saya bergabung pada usia tujuh tahun. Selalu akan ada bagian dari diriku yang bersatu.

“Saya sangat berterima kasih kepada keluarga saya dan semua orang yang saya cintai atas dukungan mereka, dan sekarang adalah tugas saya untuk mengembalikan kepercayaan orang-orang di sekitar saya. Saya berniat untuk menjadi pemain sepak bola yang lebih baik, tetapi yang paling penting adalah ayah yang baik, orang yang lebih bagus, dan menggunakan bakat saya dengan cara yang positif di lapangan dan di luar lapangan."

Greenwood, yang kontraknya di Old Trafford berlangsung hingga 2025, sekarang bisa dijual atau dipinjamkan ke klub lain untuk sisa kontraknya.

Dia masih dibayar penuh tapi tidak akan kembali berlatih dengan United.

Apa saja latar belakangnya?

Dalam materi yang dipublikasikan secara online, seorang pria - diduga sebagai Greenwood - dapat didengar berteriak pada seorang wanita untuk "menggerakkan kaki Anda." Wanita itu menjawab bahwa dia tidak ingin berhubungan seks, dan pria itu menjawab, “Aku tidak memberikan apa yang engkau inginkan, engkau kecil.”

Pria itu kemudian berkata, "Pukul aku lagi dan lihat apa yang terjadi padamu."

Greenwood didakwa pada bulan Oktober 2022 dengan percobaan pemerkosaan, perilaku kontrol dan paksaan dan serangan yang menyebabkan cedera fisik yang sebenarnya.

Setelah penangkapan, Nike mengakhiri kesepakatan sponsor dengan Greenwood dan Electronic Arts menghapusnya dari tim aktif di pertandingan FIFA 22.

Setelah tuduhan itu dihapus pada Februari 2023, Kantor Jaksa Mahkota mengatakan saksi kunci telah menarik diri dan materi baru telah muncul, yang berarti tidak ada "perspektif pengadilan yang realistis lagi".

Pada saat itu, sebuah pernyataan yang diterbitkan atas nama Greenwood mengatakan dia "dibebaskan".

United kemudian memulai penyelidikan internal mereka sendiri terhadap pemain, yang sebelumnya dinobatkan sebagai salah satu pemain paling berharga di lima liga teratas Eropa.

Greenwood memiliki satu topi Inggris, dan dikirim pulang dari kamp internasional di mana ia memenangkannya setelah pelanggaran "tidak dapat diterima" dari pedoman karantina koronavirus di Islandia.

Dalam sebuah pernyataan pekan lalu, klub mengatakan mereka telah mengumpulkan "bukti dan konteks yang luas yang tidak berada di domain publik" dan berbicara dengan "banyak orang dengan keterlibatan langsung atau pengetahuan tentang kasus".

Dalam surat terbuka kepada penggemar pada hari Senin, kepala eksekutif United Richard Arnold mengatakan bukti tambahan termasuk korban yang diduga meminta polisi untuk membatalkan penyelidikan mereka pada bulan April 2022, dan klub menerima penjelasan alternatif untuk materi yang diposting online.

"Meskipun saya puas bahwa Mason tidak melakukan tindakan yang dia tuduh, Mason menerima bahwa dia telah melakukan kesalahan yang dia tanggung jawab," kata Arnold.

Greenwood berkata, “Saya memahami bahwa orang akan menghakimi saya karena apa yang mereka lihat dan dengar... dan saya tahu orang akan berpikir yang terburuk. Saya dibesarkan untuk mengetahui bahwa kekerasan atau pelecehan dalam hubungan apa pun adalah salah."

Sebuah pengumuman hasil penyelidikan diharapkan sebelum pertandingan pembukaan Premier League United musim melawan Wolves pada 14 Agustus, tetapi keputusan ditunda di tengah perdebatan sengit tentang kemungkinan reintegrasi Greenwood di Old Trafford.

Apa yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir?

Sekelompok pendukung United memprotes kemungkinan dia kembali di luar Old Trafford sebelum pertandingan Wolves, dan mengatakan mereka ingin klub "menunjukkan pendekatan toleransi nol" terhadap kekerasan terhadap perempuan.

Female Fans Against Greenwood's Return mengeluarkan pernyataan panjang untuk mengatakan reintegrasi Greenwood akan memberi tahu mereka "sebagai wanita, bahwa kami tidak peduli".

Klub itu mengatakan mereka ingin berkonsultasi dengan tim wanita mereka, beberapa di antaranya adalah bagian dari tim Piala Dunia Inggris yang bermain di Australia, sebelum mengumumkan keputusan tentang masa depan Greenwood.

United mengumumkan keputusan mereka sementara Lionesses terbang pulang.

Dalam sebuah pernyataan Rabu lalu, United mengatakan “fase menemukan fakta” dari penyelidikan mereka telah selesai, menambahkan keputusan tentang masa depan Greenwood - yang beristirahat dengan Arnold - berada di tahap akhir.

Athletic melaporkan tim kepemimpinan eksekutif United telah diberitahu pada awal Agustus bahwa Greenwood - yang mencetak 35 gol dalam 129 pertandingan - akan kembali ke klub.

Namun, United mengatakan keputusan itu belum dibuat dan merupakan "subjek deliberasi internal yang intensif".

Pada hari berikutnya, presenter televisi Rachel Riley mengatakan dia akan berhenti mendukung United jika Greenwood diizinkan tinggal.

Sejumlah anggota parlemen mengkritik klub ketika dilaporkan mereka mempertimbangkan untuk membawa Greenwood kembali, dengan parlemen Partai Buruh Apsana Begum mengatakan keputusan seperti itu akan menjadi "jenis pada klub Anda yang akan sulit dilupakan".

Setelah pengumuman hari Senin, Female Fans Against Greenwood's Return mengatakan klub telah "melakukan hal yang benar, untuk alasan yang salah".

Women's Aid, sebuah badan amal yang bekerja untuk mengakhiri pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak-anak, mengatakan mereka menyambut keputusan United.

"Kami tahu bahwa berita hari ini dari Manchester United bahwa Greenwood akan bergerak akan menjadi bantuan bagi banyak yang selamat dari pelecehan domestik dan seksual," katanya dalam sebuah pernyataan.

“Sepakbola dicintai oleh begitu banyak orang di seluruh dunia, dan pemain sering dikagumi oleh penggemar, jadi cara yang diduga kasus pelecehan domestik diperlakukan di klub memiliki dampak besar pada pemahaman masyarakat tentang apa yang diterima dan ditoleransi di masyarakat.

Manchester United Supporters Trust mengatakan: "Sejak tuduhan awal yang sangat menyedihkan muncul, episode ini telah diizinkan untuk ditarik terlalu lama karena klub telah melakukan proses investigasi.

"Selain itu, total kurangnya konsultasi dengan penggemar bahkan dalam hal proses menambahkan bahan bakar ke api. Sementara spekulasi dan diskusi dalam beberapa minggu terakhir telah sangat tidak berguna dan tercermin sangat buruk pada klub, jelas bahwa mereka pada akhirnya mencapai keputusan yang benar.

“Kami lega bahwa masalah ini sekarang dapat ditinggalkan dan akan bekerja dengan klub untuk memastikan bahwa pelajaran telah dipelajari dari episode yang sangat mengganggu ini.”

Surat Terbuka Man Utd

Ketua Eksekutif Richard Arnold menulis kepada para pendukungnya:

“Sekarang kami telah menyelesaikan dan mengumumkan hasil penyelidikan klub terhadap Mason Greenwood, saya ingin langsung dan transparan dengan penggemar kami tentang proses dan alasan keputusan kami.

"Ini adalah penyelidikan disiplin internal antara majikan dan karyawan yang biasanya terjadi di luar mata publik. Mengingat sifat publik tuduhan dan profil Mason, saya mengakui bahwa ini bukan situasi biasa, tetapi saya merasa penting bahwa kami masih mengikuti proses yang tepat dan, sejauh mungkin, menghindari komentar media sampai saya membuat keputusan akhir.

"Ketika rekaman audio dan gambar diposting online pada Januari 2022, perasaan saya terkejut dan khawatir tentang korban yang diduga. Kesejahteraan, keinginan dan perspektifnya telah menjadi pusat dari pendekatan klub sejak saat itu, serta memiliki standar dan nilai-nilai klub. Meskipun kami segera menyimpulkan bahwa Mason harus ditangguhkan menunggu penyelidikan, kami juga menyadari kewajiban kita untuk merawatnya dan pentingnya membuat keputusan berdasarkan informasi penuh. Sampai Februari tahun ini, ini adalah masalah untuk polisi dan Kantor Jaksa Mahkota. Hanya ketika tuduhan ditolak bahwa klub membahas tuduhan dengan Mason dan orang lain yang terlibat dalam kasus ini.

"Investigasi kami berusaha mengumpulkan bukti sebanyak mungkin untuk menetapkan fakta dan konteks. Ini bukan proses yang cepat atau sederhana karena berbagai alasan. Hal ini sangat penting bagi kami untuk menghormati hak dan keinginan korban yang diduga. Juga, kami memiliki kekuatan investigasi yang terbatas yang berarti kami bergantung pada kolaborasi pihak ketiga. Waktu juga dipengaruhi oleh keinginan saya untuk meminimalkan dampak penyelidikan pada tim pria dan wanita kami, serta Lionesses kami. Saya mengakui bahwa ini memberi lebih banyak waktu untuk spekulasi, tetapi alternatifnya adalah untuk mengkompromikan proses yang tepat atau menciptakan gangguan yang tidak tepat waktu.

"Meskipun kami tidak dapat mengakses bukti tertentu karena alasan yang kami hormati, bukti yang kami kumpulkan menyebabkan kami menyimpulkan bahwa Mason tidak melakukan tindakan yang dia tuduh. Saya terbatas pada apa yang dapat saya katakan untuk alasan hukum, termasuk hak yang berkelanjutan dari korban yang diduga anonim, tetapi saya dapat berbagi hal berikut dengan Anda yang harus memberi Anda wawasan tentang kompleksitas kasus ini.

Korban diduga meminta polisi untuk menghentikan penyelidikan pada April 2022.

Kami diberikan penjelasan alternatif untuk rekaman audio, yang merupakan ekstrak singkat dari rekaman yang jauh lebih lama, dan untuk gambar yang diposting online.

Keluarga korban diduga berpartisipasi dalam proses dan diberi kesempatan untuk meninjau dan memperbaiki temuan fakta kami.

"Pekan lalu media melaporkan bahwa kami telah memutuskan untuk mengintegrasikan kembali Mason dan bahwa elemen dari rencana untuk melakukannya telah bocor ke mereka. Reintegrasi adalah salah satu hasil yang kami pertimbangkan dan rencanakan. Untuk konteks, selama enam bulan terakhir beberapa hasil telah dipikirkan dan direncanakan, dan pandangan saya telah berevolusi seiring kemajuan proses kami. Sementara keputusan akhir beristirahat dengan saya, saya mempertimbangkan berbagai faktor dan pandangan sampai akhirnya membuat keputusan saya.

"Meskipun saya puas bahwa Mason tidak melakukan tindakan yang dia tuduh, Mason menerima bahwa dia telah melakukan kesalahan yang dia tanggung jawab. Saya juga menyadari tantangan yang akan dihadapi Mason dalam membangun kembali karirnya dan membesarkan bayi bersama dengan pasangannya dalam fokus Manchester United yang keras. Selain itu, kasus ini telah memicu pendapat yang kuat, dan itu adalah tanggung jawab saya untuk meminimalkan setiap gangguan terhadap kesatuan yang kami cari di dalam klub.

“Meskipun kami telah memutuskan bahwa Mason akan berusaha membangun kembali karirnya dari Manchester United, itu tidak menandakan akhir dari masalah ini. “Klub akan terus menawarkan dukungan baik kepada korban yang diduga dan Mason untuk membantu mereka membangun kembali dan bergerak maju secara positif dengan kehidupan mereka.”

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak