Koalisi Ubah Pernyataan Anies Baswedan, Bawaslu Telusuri Ada Unsur Pelanggaran

Tiga partai yakni NasDem, PKS, dan Partai Demokrat telah mendeklarasikan Koalisi Perubahan yang mendukung Anies Baswedan pada Pemilu 2024. Anggota Bawaslu RI Totok Hariyono mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan apakah agenda pernyataan mendukung Anies Baswedan termasuk pelanggaran kampanye.

"Kami akan pelajari ya, lihat apakah itu melanggar," kata Totok di Jakarta, Sabtu (25/3).

Dia tidak bisa menyimpulkan arah agenda dalam aturan kampanye. Karena Bawaslu harus mengecek apakah ada pelanggaran administratif dalam program deklarasi tersebut. “Karena Bawaslu melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah itu pelanggaran administratif atau tidak,” kata Totok.

Sebelumnya, NasDem, Partai Demokrat, dan PKS akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi membentuk koalisi perubahan bernama Anies Baswedan.

Menandatangani Koalisi Perubahan Piagam

Ketiga pihak menandatangani Deklarasi Perubahan Koalisi.

“Hari ini tonggak sejarah baru, piagam Alliance for Change sudah ditandatangani,” kata perwakilan Anies Baswedan Sudirman Said saat konferensi pers di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat, 24 Maret 2023. .

Dengan diresmikannya piagam Koalisi untuk Perubahan, NasDem, Partai Demokrat, dan PKS resmi menominasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. "Dengan piagam ini, secara resmi ketiga partai telah sepakat mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden," kata Sudirman.  

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak